Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Pada tahun 2018 ini kembali proposal yg dikirim mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unmuh Ponorogo lolos pendanaan dikti.

yaitu proposal yang berjudul ¬†” Teknologi Pengusir Hama Kelelawar Otomatis Sebagai Upaya Meningkatkan Produktifiitas Hasil Panen Buah Di Desa Kutuwetan Kec. Jetis Kab Ponorogo ” yang diketuai oleh ¬†Erika Dani K. elektro semester 4. Dari hasil tersebut kembali Prodi elektro membuktikan eksistensi mahasiswanya di ajang program tahunan DIKTI yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa setelah sebelumnya pada tahun 2015, 2017 dan tahun 2018 ini.

Semoga trend lolosnya proposal PKM mahasiswa elektro ini terus berlangsung ditahun tahun berikutnya dan menjadi suatu kuwajiban demi kemajuan PRODI kita Prodi Teknik Elektro UNMUH Ponorogo …..

 

Salam KEK ELEKTRO, Kreatif, Enerjik, Kompeten…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *