LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT PRA DASAR (LKMM-PD) HMPS TEKNIK ELEKTRO

LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT PRA DASAR (LKMM-PD) HMPS TEKNIK ELEKTRO

Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan kepribadian, pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Karena dunia di luar kampus penuh dengan persaingan dan tantangan. 

Setiap lulusannya diharuskan memiliki kemampuan lebih agar dapat bersaing dan bertahan di dalam dan di luar kampus tersebut. Jika melihat orang-orang sukses dan orang-orang yang menduduki jababatan-jabatan penting setelah lulus dari perguruan tinggi, mereka tidak hanya telah memiliki visi dan misi dalam hidup mereka, melainkan juga usaha- usaha pengimplementasian dari pemikiran-pemikiran mereka dalam sebuah wadah yang dinamakan organisasi sebagai proyek kecil.

Dalam proyek kecil tersebut, mereka dapat mencurahkan pemikiran- pemikiran hebat dan juga tenaga dalam usaha mewujudkan proyek yang lebih besar lagi, yaitu proyek kehidupan kerja. Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai salah satu perguruan tinggi yang kompeten dan berkualitas memiliki tujuan untuk mencetak mahasiswa dan lulusan yang berkualitas. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Universitas Muhammadiyah Ponorogo berperan sebagai suatu wadah yang mendorong keberhasilan mahasiswa jurusan Teknik Elektro dalam mencetak kader-kader bangsa yang memiliki visi dan misi yang jelas serta berkompeten dalam dunia nyata salah satunya adalah mengadakan kegiatan LKMM-PD ini tepatnya pada tanggal 7-8 Desember 2019 bertempat di Ruang Seminar Lt 4 (406-407) Univ. Muhammadiyah Ponorogo.

Manfaat  dari  kegiatan  Latihan  Keterampilan  Manajemen  Mahasiswa

Tingkat Pra-dasar (LKMM-PD) adalah,

  1. Mahasiswa dapat mengetahui  karakter  kepribadiannya,  sehingga mahasiswa akan lebih mudah untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, dengan caranya sendiri.
  2. Terbekalinya mahasiswa dalam proses merubah mindset nya, karena dikegiatan ini mahasiswa dibekali dengan materi-materi yang memancing mahasiswa untuk merubah mindset nya ke yang lebih positif.
  3. Mahasiswa megetahui pola langkah menjadi mahasiswa yang prestatif, dan step-step menjadi mahasiswa yang unggul dan berkompeten dibidangnya masing-masing.

4.   Mahasiswa dapa mengetahui dunia kemahasiswaan secara luas.

Materi - Materi yg di ajarkan yaitu,

Materi 1 Sifat Kritis (Dr. Wahyudi Setiawan, M.Pd.I)

Definisi dari kritis itu sendiri adalah Sikap Kritis itu, sebenarnya sikap spontan seseorang terhadap sesuatu yang terjadi secara tidak terduga, mungkin lewat perkataan, atau perbuatan.

Supaya terjadi komunikasi secara 2 arah dan tidak adanya Doktrin. Sikap kritis itu mempunyai 3 arti yaitu pertama sikap tidak mudah percaya, besusaha selalu menemukan kesalahan, dan rasa ingin tahu yang tajam.

Pengenalan  dan  Pengembangan  Diri  (Dr.  Heri  Wijayanto,  S.T,  M.M, M.Kom) Tujuan Dengan adanya pemahaman terhadap konsep diri, diharapkan :

  • Tumbuhnya kesadaran seseorang untuk memahami dan mengenali dirinya serta mampu mengembangkan kemampuannya.
  • Terbentuknya sikap dan perilaku percaya diri serta prinsip hidup menuju kehidupan yang sejahtera. Sikap dan perilaku percaya diri adalah kemampuan mengekspresikan diri atau mengemukakan hak- hak pribadi serta mempertahankannya tanpa melanggar hak orang lain.

Pola Pikir Prestatif (Zulkham Umar Rosyidin, S.T) .

  1. Pengertian, 
  • Aturan atau kerangka pikir yang mengarahkan seseorang untuk mencapai prestasi Menjadi orang yang unggul berbeda dari orang kebanyakan
  • Cara berpikir jangka panjang agar tercapai keberhasilan dan di masa mendatang
  • Mengembangkan keyakinan sukses
  • Berpikir sukses, jangan berpikir gagal
  • Ingatkan diri anda secara teratur bahwa anda lebih baik dari yang anda kira
  • Percaya atau berkeyakinan besar

admin

Your Password Low Please Change To Strong WhiteHat
Close Menu